Home » » KERAJINAN BATU PUTIH

KERAJINAN BATU PUTIH

Produk kerajinan batu alam atau batu putih dari Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta berhasil menembus pasar sejumlah negara Asia dan Eropa.‘'Produk kerajinan batu alam asli Gunung Kidul berhasil kami pasarkan ke pulau Bali , bahkan ke sejumlah negara di Asia di antaranya Malaysia dan Jepang. Sedangkan ke Eropa di antaranya Italia dan Belanda," kata perajin batu putih di Dusun Mojo, Ngeposari, Semanu, Gunung Kidul, Topan, baru-baru ini.
Menurut dia, keberadaan produksi kerajinan batu alam atau batu putih diminati sampai mancanegara karena dibuat secara manual, dan motifnya dapat disesuaikan dengan selera pembeli.
‘'Kami membuat kerajinan batu alam ukir tangan bukan cetak, sehingga memiliki khas tersendiri. Motifnya mengikuti selera pembeli, untuk jenis kerajinan yang kami buat meliputi ornamen, roster, relief dan patung dalam berbagai bentuk dan ukuran yang merupakan dapat dijadikan aksesori interior dan eksterior rumah atau kantor," katanya.
Untuk relief dan patung, dia mengatakan, dapat dibuat dua dimensi dan tiga dimensi.‘'Relief dua dimensi lebih murah daripada yang tiga dimensi, sedangkan harganya variatif tergantung tingkat kesulitan dalam pengerjaannya dan ukuran yang diminta, relief yang makin lebar harganya semakin mahal begitu juga dengan patung," katanya.Menurut dia, usaha kerajinan batu alam ukir tersebut sudah ditekuni sejak 1996, dan saat ini sudah banyak perajin rumahan di Desa Ngeposari yang mengikuti jejaknya.
‘'Usaha kerajinan batu putih masih prospek untuk ditekuni oleh masyarakat, mengingat permintaan masih banyak baik di tingkat lokal maupun internasional selain bahan baku yang tersedia di Gunung Kidul masih melimpah," katanya.
Dia mengatakan, dalam proses pembuatan kerajinan batu alam putih saat ini dilakukan secara variasi dengan mengkombinasikan batu hitam yang diambil dari Muntilan, Magelang, Jawa Tengah.
‘'Kami melakukan inovasi dengan melakukan kombinasi antara batu putih dengan batu hitam dari Muntilan untuk menyiasati kejenuhan konsumen," katanya.Dia mengatakan, harga produk kerajinannya mulai dari harga Rp 10.000 per biji sampai di atas Rp 1 juta per bijinya.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kecamatan Semanu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger