Home » » KERAJINAN ORNAMEN BATU

KERAJINAN ORNAMEN BATU


Kreativitas dalam mengkreasikan kegunaan batu kapur (Kars) kini bisa disaksikan di Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul tepatnya di Padukuhan Mojo. Padukuhan Mojo memang telah terkenal dengan sentra indusri kerajinan batu putih. Sebagian penduduk di Padukuhan ini berprofesi sebagai pengrajin batu putih.

Benda-benda seni yang dihasilkan dari Padukuhan Mojo ini sebagian besar digunakan untuk mempercantik ruangan. Benda-benda tersebut, seperti relief, ornament, roster (ventilasi), pot lampion, patung dan hiasan taman. Selain itu, sentra kerajin batu putih Padukuhan Mojo juga menghasilkan benda-benda, seperti ornament rumah yang terdiri dari arca, hiasan dinding dan lain-lain; batu untuk dinding rumah, berbentuk seperti bata dan batako, tegel baik yang dipasang di lantai maupun yang lebih kecil untuk dipasang di dinding.

Lokasi Desa Wisata Mojo terletak kurang lebih 8Km dari Kota Wonosari atau kurang lebih 3Km dari Kota Kecamatan Semanu, dan dapat diakses menggunakan kendaraan roda 2 (dua) maupun kendaraan roda 4 (empat) karena akses jalan menuju Desa Wisata Mojo telah beraspal mulus.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kecamatan Semanu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger